Pengmas STKIP Arrahmaniyah ke Suku Baduy

Salah satu wujud Tri Darma Pendidikan adalah dalam bentuk pengabdian masyarakat. Sivitas akademika STKIP Arrahmaniyah Depok turut melaksanakan Tri Darma Pendidikan dengan mengadakan pengabdian masyarakat (pengmas) ke Suku Baduy. Anggota tim yang ikut dalam pengmas kali ini antara lain mahasiswa, karyawan serta dosen pembimbing dari jurusan pendidikan PPKN, PGSD dan Biologi.

Kegiatan pengmas kali ini dikemas dengan berbagai macam kegiatan yang menarik. Jika umumnya pengmas dilakukan dalam bentuk satu arah (dari kampus untuk masyarakat), maka pada pengmas kali ini sedikit berbeda. Hal tersebut dikarenakan kegiatan yang dilakukan berbentuk dua arah. Dalam hal ini, pihak STKIP Arrahmaniyah memberikan program pendidikan  “Calistung” (membaca, menulis dan menghitung) serta pemberian bingkisan. Sedangkan masyarakat Baduy juga menyiapkan kegiatan untuk kami dalam bentuk pengenalan kearifan lokal (local wisdom) dalam mengelola sumber daya alam yang ada.

Masyarakat Suku Baduy sangat menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya. Ditandai dengan adanya aturan-aturan bercocok tanam, beternak, hingga penyimpanan hasil alam di lumbung padi desa. Semangat itulah yang menjadi salah satu manfaat yang kami dapatkan selama melakukan pengabdian masyarakat kali ini.